Sabtu, 03 Agustus 2013

KONSENTRASI DAN FOKUS PADA SAAT BEKERJA

Kemampuan untuk fokus atau konsentrasi sangatlah dibutuhkan dalam mengerjakan sesuatu pekerjaan. Konsentrasi mempengaruhi hasil dari semua pekerjaan yang dilakukan. Namun, untuk mencapai tingkat konsentrasi bukanlah hal yang mudah, terutama menjelang hari libur.

Biasanya orang yang akan libur, cuti, dan lain-lain menyebabkan konsentrasi dan fokus kerjanya akan menurun. Hal ini disebabkan karena pikiran orang-orang yang akan libur tersebut sudah berada di tempat yang berbeda walaupun fisik masih di tempat kerja. Tidak sedikit kecelakaan yang terjadi akibat kurang konsentrasi pada saat bekerja. Sudah banyak kejadian-kejadian kecelakaan yang terjadi khususnya di area kita yang disebabkan karena kurang konsentrasi, hilang fokus kerja khususnya pada saat libur akan tiba.

Bagaimana cara mengatasi agar konsentrasi dan fokus kerja dapat terjaga, sehingga pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu dengan hasil yang memuaskan tanpa adanya kecelakaan? Berikut tips untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus kerja sehingga keselamatan dapat terjaga :

a.      Tidur Lebih Awal
Banyak orang yang menunda tidur hingga ia merasa sangat kelelahan. Lelah yang berlebihan adalah musuh utama konsentrasi. Jika tidur terlalu larut, maka keadaan psikis dan fisik seseorang menurun. Untuk itu, tidurlah lebih awal dan rasakan efeknya di pagi hari. Tubuh akan lebih bugar, mood/ semangatpun dapat terjaga seharian.

b.     Fokuskan Pada Satu Pekerjaan
Misalkan anda punya pekerjaan A dan B. Pilih lah salah satu untuk diselesaikan terlebih dahulu atau kerjakan secara bergantian, jangan sekaligus. Jika mengerjakan pekerjaan satu per satu maka akan meningkatkan daya konsenterasi anda.

c.      Beristirahat sejenak
Jika sudah sangat lelah, maka jangan memaksakan tubuh dan otak untuk terus bekerja. Memaksakan kondisi diri sendiri hanya akan menimbulkan berbagai penyakit, seperti pusing, demam, atau badan terasa lemas. Untuk itu, alangkah baiknya agar bersitirahat sejenak jika sudah mulai merasa hilang konsentrasi. Hal ini juga untuk menghindari agar tubuh tetap fit dan kondisi otak lebih segar ketika beristirahat.


Kondisi fisik yang kurang fit akan menyebabkan tubuh tidak bergairah sehingga konsentrasi dan fokus menurun. Konsentrasi dan fokus yang menurun pada saat bekerja akan menyebabkan kualitas pekerjaan juga tidak maksimal serta dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan mulai dari yang ringan sampai yang berat. Contoh kecelakaan yang disebabkan karena kurang konsentrasi yang banyak terjadi adalah pada saat mengemudi. Hal ini sudah banyak terjadi di area kerja kita khususnya di hauling road. Oleh karena itu diharapkan agar tetap hati-hati dan tetap menjaga fokus dan konsentrasi kerja untuk menciptakan keselamatan dalam bekerja dan kualitas pekerjaan juga dapat terjaga.


KONSENTRASI DAN FOKUS KERJA YANG BAIK, AKAN MEMBANTU
MENINGKATKAN KUALITAS DAN KESELAMATAN KERJA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar