Kamis, 16 Mei 2013

KESELAMATAN JARI DAN TANGAN


Tanpa jari tangan, kemampuan kerja anda akan sangat berkurang : Cobalah menulis tanpa ibu jari, Cobalah memegang palu hanya dengan dua jari, Cobalah kita melepaskan sepatu dengan kedua tangan kita, mudah dan cepat bukan? Sekarang kita coba lagi, tetapi ibu jari tidak boleh membantu, pasti akan menjadi lebih sulit. Terlebih apabila hanya dengan satu tangan yang boleh dipergunakan. Pekerjaan yang semula sederhana akan menjadi sangat sulit. Pelajaran yang kita dapat adalah begitu pentingnya peran tangan dan jari-jari kita untuk melakukan pekerjaan.

Beberapa penyebab umum cedera tangan / jari antara lain : terpukul hammer, terjepit benda yang sedang bergerak (seperti : conveyor, roller, dll), terluka akibat benda tajam, terbakar akibat benda panas atau bahan kimia, terjepit oleh bagian mesin yang berputar.

Pencegahan dan pengurangan resiko dapat dilakukan dengan :
  1. Menggunakan sarung tangan sebagai pelindung primer. Sarung tangan adalah salah satu alat pelindung tangan / jari dari cedera pada saat bekerja. Selama kulit tangan / jari tidak terluka, kemungkinan masuknya debu ataupun kuman penyakit yang menyebabkan infeksi masih dapat dihindarkan. Sarung tangan berfungsi bagaikan tambahan lapisan kulit, yang akan melindungi kulit alami kita dari cedera sehingga masuknya debu dan kuman penyakit dapat terhindarkan. Meskipun anda merasa kulit anda sangat kuat, namun pakailah sarung tangan pada saat menangani benda-benda yang kasar atau tajam. Gunakan sarung tangan karet yang sesuai pada saat menangani bahan kimia, cairan pelarut ataupun material lain yang dapat mengiritasi kulit anda. Namun demikian perlu diingat bahwa sarung tangan seharusnya tidak dipakai apabila dalam proses kerja anda terdapat kemungkinan sarung tangan tertarik oleh mesin yang berputar.
  2. Pelindung / guard sebagai alat keselamatan. Pabrik sudah melengkapi mesin dan gerinda dan alat semacam lainnya dengan pelindung yang sesuai. Namun, kadang kita merasa terganggu kemudian melepaskannya. Hal ini seharusnya tidak boleh dilakukan karena membahayakan keselamatan tangan dan jari-jari anda. Coba anda bekerja satu hari hanya dengan menggunakan satu tangan anda, mungkin dengan demikian anda akan lebih menghargai tangan anda tersebut.

Melindungi tangan sangat penting, tangan kita menghadapi begitu banyak bahaya di tempat kerja. Beberapa perilaku yang dapat kita lakukan untuk menghindari cedera antara lain :
  1. Untuk benda tajam yang bisa memotong atau mengamputasi tangan atau jari-jari anda, maka pergunakan galah atau tang untuk menjauhkan tangan dan jari anda dari bahaya.
  2. Permukaan kasar atau tajam yang dapat merobek kulit tangan, maka pergunakan gerinda atau kikir untuk menghaluskan permukaan yang kasar
  3. Mesin-mesin yang dapat menjepit atau menimpa jari tangan anda, maka pastikan peralatan telah dikunci, diberi label dan pastikan telah tidak beraliran listrik
  4. Perhatikan juga gaya gravitasi bumi, jauhkan tangan dan jari anda dari bawah benda yang sedang diangkat atau sedang digantung.


Lima tips keselamatan untuk tangan dan jari-jari anda :
  1. Tangan merupakan salah satu kunci untuk bekerja. Mereka adalah alat terbaik. Anda hanya memiliki sepuluh jari dan satu pasang tangan yang tidak dapat tergantikan. LINDUNGI MEREKA KARENA ANDA BERGANTUNG PADANYA UNTUK BEKERJA.
  2. Hampir seluruh cedera serius pada tangan terjadi pada saat menggunakan mesin. Pastikan anda memahami prosedur yang benar untuk penggunaan mesin yang akan anda operasikan. Dapatkan dan gunakan seluruh alat pelindungnya dengan benar, mereka dibuat untuk melindungi keselamatan tangan dan jari-jari anda.
  3. LINDUNGI TANGAN ANDA DENGAN PPE YANG SESUAI UNTUK TIAP PEKERJAAN. Jika terluka jangan abaikan luka sekecil apapun, gunakan peralatan “First Aid”. Ingat infeksi dapat menyebar luas ke bagian lain.
  4. Cincin dan jam tangan metal sebaiknya tidak digunakan pada saat bekerja. Mereka dapat tersangkut ke berbagai macam benda, dan merupakan penghantar arus listrik.
  5. Bahaya yang mengancam tangan anda mungkin sama dengan bahaya yang anda hadapi pada saat  bekerja. Dengan kewaspadaan dan kehati-hatian menghindari cedera tangan dan jari bukanlah hayalan, dan ini sangat masuk akal.


IDENTIFIKASI BAHAYA, SELALU PERGUNAKAN APD, 
PERGUNAKAN AKAL SEHAT SERTA TAATI PROSEDUR KERJA AMAN
INGAT!!!
JANGAN BEKERJA DENGAN TERBURU-BURU

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar