Kamis, 16 Mei 2013

MARI LAPORKAN KEJADIAN NEARMISS DAN FIRST AID DI LINGKUNGAN KERJA!

Apa yang dimaksud dengan Nearmiss dan First Aid?
Nearmiss adalah suatu keadaan dimana apabila terjadi sedikit saja penyimpangan akan menimbulkan kecelakaan yang mengakibatkan kerugian harta benda, proses, manusia dan lingkungan.
First Aid Incident adalah suatu kejadian yang tidak diinginkan dan direncanakan yang menimbulkan korban, tetapi tidak menghilangkan hari kerja.

Teori Piramida Kecelakaan


Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Frank E. Bird Peterson tentang Piramida Kecelakaan, disampaikan bahwa 10.000 perbuatan dan kondisi tidak aman serta berbahaya akan menghasilkan 600 kejadian nyaris celaka atau yang biasa kita kenal dengan nearmiss. Apabila kejadian nearmiss ini akan terpenuhi secara kuantitas, maka akan menghasilkan 30 kasus dengan kriteria kerusakan properti (property damage) dan First Aid. Dua kriteria kejadian inilah yang harus kita laporkan untuk usaha perbaikan sistem dan peningkatan kesadaran keselamatan kerja yang ada di wilayah kerja kita.

Mengapa laporan ini menjadi penting?
Terdapat beberapa faktor yang menjadikan laporan kejadian Nearmiss dan First Aid ini menjadi sangat penting, diantaranya adalah :
  1. Seluruh kejadian harus dilaporkan sebagai bentuk pelaksanaan aturan yang terkait keselamatan operasi
  2. Laporan yang diberikan merupakan dasar dalam melakukan investigasi untuk menemukan cara kerja yang lebih aman dan lingkungan kerja yang lebih kondusif serta selamat
  3. Data yang diterima merupakan bahan analisis trend kerawanan yang ada di tempat kerja sehingga proses perbaikan dapat dilakukan sesuai prioritas frekuensi / kekerapan kejadian kasus. Dengan demikian diharapkan perbaikan tepat pada sasaran dan rantai kecelakaan dapat diputus
  4. Laporan yang kita berikan merupakan bentuk komitmen kita dalam bidang keselamatan serta kontribusi dalam menekan jumlah kecelakaan sebagai bukti bahwa proses budaya keselamatan kerja sudah dilaksanakan dengan baik di perusahaan.

MARI LAPORKAN NEARMISS DAN FIRST AID SEBAGAI BENTUK KOMITMEN DAN KONTRIBUSI KITA TERHADAP KESELAMATAN DAN PENCAPAIAN LINGKUNGAN KERJA YANG AMAN!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar